Kuliah OPTIK

Kuliah Optik ini terdiri dari 3 SKS (1 SKS Praktikum). Dosen Pengampu Kuliah ini yaitu Bpk. Taufiq Alfarizi, M.PFIs.

Pekan Raya Ilmiah 2016

Lomba : Olimpiade Fisika SMA, Proyek Alat, Esai, Stand Up Comedy Sains, Fotografi

Sabtu, 30 Juli 2011

Jadwal Pelajaran Kelas XI IPA 2 MAN 2 Jakarta

SENIN
NO.PUKUL.........PELAJARAN
1. 06.30 – 07.15 UPACARA
2. 07.15 – 08.45 QUR’AN HADIST......R. AGM 3
3. 08.45 – 10.00 B. INDONESIA.......R. UMUM 1
4. 10.00 – 10.15 ISTIRAHAT
5. 10.15 – 11.45 KIMIA..............LAB. KIM
6. 11.45 – 12.15 SHALAT DZUHUR
7. 12.15 – 13.45 B. INGGRIS.........R. ENG 2
8. 13.45 – 15.15 PENJASORKES........R. UMUM 2
9. 15.15 – 15.30 SHALAT ASHAR
10. 15.30 – 16.15 QUR’AN HADIST.....R. AGM 3
11. 16.15 - .... PULANNNNNGGGG

SELASA
NO.PUKUL.........PELAJARAN
1. 06.30 – 06.45 TADARUS
2. 06.45 – 08.15 B. INGGRIS.........R. ENG 2
3. 08.15 – 09.45 FISIKA.............LAB. FIS
4. 09.45 – 10.00 ISTIRAHAT
5. 10.00 – 11.30 BIOLOGI............LAB. BIO
6. 11.30 – 13.00 KIMIA..............LAB. KIM
7. 13.00 – 13.30 SHALAT DZUHUR
8. 13.30 – 15.00 FIQIH..............R. AGM 2
9. 15.00 – 15.15 SHALAT ASHAR
10. 15.15 – 16.45 MATEMATIKA........R. MTK 1
11. 16.45 - .... PULANNNNNGGGG

RABU
NO.PUKUL.........PELAJARAN
1. 06.30 – 06.45 TADARUS
2. 06.45 – 08.15 FIQIH..............R. AGM 2
3. 08.15 – 09.45 TIK................LAB. KOM
4. 09.45 – 10.00 ISTIRAHAT
5. 10.00 – 11.30 MTK................R. MTK 2
6. 11.30 – 13.00 PENJASORKER........R. UMUM 2
7. 13.00 – 13.30 SHALAT DZUHUR
8. 13.30 – 15.00 FISIKA.............LAB. FIS
9. 15.00 – 15.15 SHALAT ASHAR
10. 15.15 – 16.45 BIOLOGI...........LAB. BIO
11. 16.45 - .... PULANNNNNGGGG

KAMIS
NO.PUKUL.........PELAJARAN
1. 06.30 – 07.15 SENAM DAN OLAHRAGA
2. 07.15 – 08.45 FISIKA.............LAB. FIS
3. 08.45 – 10.00 KIMIA..............LAB. KIM
4. 10.00 – 10.15 ISTIRAHAT
5. 10.15 – 11.45 B. INDONESIA.......R. IND 1
6. 11.45 – 12.15 SHALAT DZUHUR
7. 12.15 – 13.45 TIK................LAB. KOM
8. 13.45 – 15.15 B. INGGRIS.........R. ENG 2
9. 15.15 – 15.30 SHALAT ASHAR
10. 15.30 – 16.15 QUR’AN HADIST.....R. AGM 3
11. 16.15 - .... PULANNNNNGGGG


JUM’AT
NO.PUKUL.........PELAJARAN
1. 06.30 – 07.00 TADARUS BERSAMA
2. 07.00 – 08.30 BIOLOGI...........LAB. BIO
3. 08.30 – 10.00 B. INDONESIA......R. UMUM 1
4. 10.00 – 10.15 ISTIRAHAT
5. 10.15 – 11.45 MTK...............R. MTK 2
6. 11.45 – 12.30 SHALAT JUMAT/KEPUTRIAN
7. 13.00 – 17.00 EKSTRAKURIKULER
8. 17.00 - ........ PULANNNNNGGGG

Moving Class, Why Not? 2

Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dengan Moving Class, siswa akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya. Sekolah kita, MAN 2 JAKARTA saat ini menerapkan sistem baru, yaitu sistem moving class. Dengan diterapkannya sistem moving class ini banyak terjadi kontroversi baik dikalangan murid maupun guru ada yang setuju maupun yang tidak setuju.

Dengan menggunakan sistem moving class disekolah, kita dapat melatih kedisiplinan kita sebagai siswa, dan lebih bisa mengatur dan menghargai waktu dan melatih kita untuk selalu tepat waktu setiap masuk jam pelajaran.

Selain itu, kita bisa menguasai konsep pelajaran dengan baik karena keadaan kita yang lebih fresh (karena kita bisa menjernihkan pikiran kita saat berjalan menuju kelas selanjutnya). Kita dapat bermotivasi untuk semangat belajar karena sistem belajar yang inovatif, dan kita dapat memaksimalkan fungsi ruangan sesuai dengan mata pelajaran.

Manfaat yang lain adalah kita bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan guru, tentunya kita termotivasi untuk bersaing dalam meraih prestasi yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, rata-rata siswa yang bersekolah disekolah yang menerapkan sistem moving class cenderung siswa yang aktif. Bahkan siswa yang tadinya pasif akan menjadi lebih aktif karena diterapkannya sistem moving class disekolah.
Secara tidak sadar kita berolah raga setiap harinya, selain itu kita bisa lebih dekat dengan kakak kelas, adik kelas dan teman-teman lainnya karena sering bertemu pada saat moving. Dan dengan adanya sistem moving di SMA / MA melatih kita agar kita terbiasa pada saat kuliah nanti dan menjadikan kita pribadi yang mandiri.

Dengan sistem moving class waktu belajar dikelas cenderung akan lebih singkat, dengan pertemuan yang singkat dikelas akan membuat kita rajin bertanya kepada guru untuk menanyakan pelajaran yang kurang dimengerti.
Kami setuju dan senang, karena sekolah kita menerapkan sistem moving class karena banyak hal yang positif dan sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri. Sebaiknya kita mendukung program moving class agar kita terbiasa apabila sudah di perguruan tinggi nanti. Seharusnya para siswa senang dan setuju dengan diterapkannya sistem moving class ini. Semoga, penerapan moving class ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar disekolah.

Moving Class, Why Not?

Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dengan Moving Class, siswa akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya. Sekolah kita, MAN 2 JAKARTA saat ini menerapkan sistem baru, yaitu sistem moving class. Dengan diterapkannya sistem moving class ini banyak terjadi kontroversi baik dikalangan murid maupun guru ada yang setuju maupun yang tidak setuju.

Bagi kami, kami setuju dengan diterapkannya sistem moving class karena bagi kami dengan diterapkannya sistem tersebut banyak memiliki keuntungan dan manfaat yang sangat besar bagi kita khususnya murid seperti :
• Melatih kedisipilinan kita sebagai siswa
• Secara tidak sadar kita berolahraga setiap harinya
• Kita bisa menguasai konsep pelajaran dengan sepenuhnya
• Melatih kita untuk bisa mengatur dan lebih menghargai waktu
• Melatih kita agar selalu tepat waktu setiap masuk jam pelajaran
• Melatih kita agar terbiasa pada saat kuliah nanti, karena kuliah memakai sistem moving class
• Kita jadi termotivasi untuk semangat belajar karena sistem belajar yang inovatif
• Kita lebih termotivasi mencari cara belajar yang efektif
• Kita dapat memaksimalkan fungsi ruangan sesuai dengan mata pelajarannya
• Kita bisa berpapasan dengan teman-teman kelas lain, kakak kelas, dan adik kelas
• Menumbuhkan sikap kemandirian kita
• Kita lebih termotivasi untuk bersaing meraih prestasi yang terbaik
• Kita lebih bisa bertanggung jawab atas tugas-tugasnya yang diberikan guru
• Rata-rata siswa yang bersekolah disekolah yang menerapkan sistem moving class cenderung siswa yang rajin dan aktif walaupun tidak pintar
• Kita menjadi rajin untuk mencari bahan pelajaran yang kuran dimengerti
• Kita dapat memaksimalkan waktu untuk fokus kepada pelajarn
• Kita yang tadinya pasif menjadi lebih aktif karena diterapkannya moving class

Kami senang sekolah kita menerapkan sistem moving class karena banyak hal yang positif dan sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri. Sebaiknya kita mendukung program moving class agar kita terbiasa apabila sudah diperguruan tinggi nanti. Seharusnya para siswa senag dan setuju dengan diterapkannya sistem moving class ini. Semoga Penerapan moving class ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar disekolah.

Global Warming

Masalah Pemanasan Global atau biasa disebut Global Warming sepertinya sering terdengar. Pemanasan global sudah lama menjadi isu lingkungan yang paling hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Tetapi, tidak pernah ada kata basi untuk memeranginya dan tidak ada alasan lagi untuk diabaikan. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas, Pemanasan Global dapat diartikan sebagai suatu istilah yang menunjukkan adanya proses peningkatan suhu rata-rata temperatur bumi, yang kemudian menyebabkan perubahan iklim1.

Pemanasan global menurut Agama Islam terdapat dalam Al-Quran Surah Ar-Ruum Ayat 41 yang artinya : Telah Nampak kerusakan didarat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagiaan dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Ayat diatas menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi didarat dan dilaut karena aktifitas manusia yang tidak mengikuti jalan yang benar (syariat Allah), akibatnya, musibah akan senantiasa mengancam kehidupan manusia. Oleh karena itu, penerapan syariat Allah merupakan satu-satunya jalan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang telah terjadi. Sedangkan syariat Allah hanya bisa diterapkan apabila ada institusi yang menerapkannya2.

Semua fakta ilmiah menujukkan akan perubahan iklim sekarang ini benar-benar telah terjadi. Pergantian cuaca yang sering tidak menentu, hujan, banjir dan kekeringan disaat yang bersamaan dan munculnya wabah penyakit, merupakan bukti nyata bahwa gejala pemanasan global itu benar-benar terjadi3. Penebangan hutan yang secara illegal, pemakaian listrik secara berlebihan, pembuangan sampah dan limbah yang tidak bertanggung jawab, penggunaan kendaraan yang tidak ramah lingkungan, pengelolaan sampah yang tidak bijaksana dan pemakaian barang-barang yang tidak bisa didaur ulang, merupakan faktor-faktor pemicu terjadinya global warming4. Masalah itu sumbernya dari kecerobohan manusia dalam mengelola lingkungan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita yang seharusnya dimanfaatkan dan dipelihara.

Dampak pemanasan global (global warming) belum terasa begitu untuk saat ini. Namun, akan begitu terasa pada generasi yang akan mendatang entah esok ataupun puluhan tahun lagi. Jika global warming tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan dampak yang lebih besar. Jika terus dibiarkan, kemungkinan besar generasi mendatang yang akan menanggung akibatnya.

Beragam carapun dilakukan demi mengurangi beban yang ditanggung oleh generasi yang akan mendatang sebagai akibat pemanfaatan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Maraknya pemberitaan mengenai Global Warming, membuat masyarakat diberbagai dunia khususnya Indonesia mulai membuka mata. Beberapa negara bahkan tidak segan-segan menetapkan peraturan terkait dengan global warming5.

Bagaimana upaya sekolah-sekolah dalam mengatasi masalah pemanasan global?. Beberapa sekolah sudah mulai memperhatikan dan peduli terhadap global warming. Seperti MAN 2 Jakarta, mulai mengajarkan peserta didiknya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, menerapkan nilai-nilai (prinsip-prinsip) kepedulian terhadap lingkungan demi membentuk karakter peserta didik agar peduli dengan lingkungan sekitar dan madrasah. Prinsip-prisip (nilai-nilai) kepedulian terhadap lingkungan yang diterapkan MAN 2 dirangkum dalam symbol yang mudah diingat yakni 6R, yaitu:
1. Reducing
(mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak diperlukan)
2. Reusing
(menggunakan kembali barang yang tidak terpakai)
3. Recycling
( mendaur ulang barang yang tidak trpakai manjadi barang yang bermanfaat)
4. Refusing
(menolak menggunakan/membeli barang yang merusak lingkungan)
5. Repairing
(memperbaiki barang-barang yang rusak sehingga dapat diperbaiki kembali)
6. Replanting
(menanam kembali pohon-pohon untuk menjamin ketersediaan oksigen yang segar)6.

Dengan keenam prinsip itu, MAN 2 Jakarta mengajarkan peserta didiknya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Berawal dari kesadaran, MAN 2 Jakarta berupaya keras untuk dapat mengurangi dampak global warming, salah satunya dengan mengkampanyekan gerakan Go Green atau kembali ke alam. Menurut Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, gerakan Go Green diartikan sebagai gerakan untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman global warming7.

Penyuluhan dan dialog interaktif juga dilakukan untuk membina peserta didiknya peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini mendatangkan para pecinta lingkungan dan penyelamatan lingkungan da para motivator lainnya. Dengan area hijau yang terbatas di MAN 2, peserta didik dapat menanamkan tumbuhan yang dapat mengurangi radiasi sinar matahari agar memperteduh lingkungan MAN 2. Pengelolaan sampah untuk didaur ulang menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat dilakukan agar tempat sampah di MAN 2 tidak kian mengunung.

Tujuan dilakukannya penulisan ini adalah menambah pengetahuan tentang pemanasan global dan penyebab terjadinya pemanasan global, mengetahui cara pencegahan pemanasan global, dapat memperhatikan keadaan lingkungan, dan membentuk karakter yang peduli terhadap lingkungan dan penyebab terjadinya pemanasan global. Manfaat-manfaat yang dapat diperoleh melalui karya tulis ilmiah tentang pemanasan global adalah mengetahui secara jelas apakah pemanasan global itu?, mengetahui penyebab terjadinya pemanasan global, menegtahui dampak dari pemanasan global, dan mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global lebih lanjut.


________________________________________
1Wikipedia Bahasa Indonesia (Ensiklopedia Bebas Berbahasa Indonesia) Pemanasan Global.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global/
2H.A. Hafizh Dasuki, Dkk, Kitab Suci Al-Quran dan Terjemah, Departemen Agama Republik Indonesia (Jakarta: Juli 1989) Surah 30, hlm. 647
3Nasyith Majidi, Dkk,”Greeneration:Cinta Anak, Cintai Bumi,” Parents Guide (Jakarta: April 2010) hlm. 16-17.
4Nasyith Majidi, Dkk”Greeneration:Cinta Anak, Cintai Bumi,” Parents Guide (Jakarta: April 2010) hlm. 17.
5Zornia S. Devi, Dkk,”Bumi Demam Tinggi,” Cita Cinta (Jakarta: Maret 2010) hlm. 110.
6Nasyith Majidi, Dkk,”Tanamkan Prinsip 6R,” Parents Guide (Jakarta: April 2010) hlm. 18.
7Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, Apa Itu Go Green.
http://blh.semarangkab.go.id/

Blogger XI IPA 2

NO
NAMA
BLOG WEB
1.
ALDHI ANDRIAN AT
2.
ANGGA DWI SUPRAYOGA
3.
ANIDA NUR PUTRIANA SARI
4.
ARUNA WIDYANATA
5.
ATHIYYAH NURAINI
6.
AULIA FITRI PRIBADI
7.
CHAIRUNNISA
8.
DEVITA RATNASARI
9.
DIO FADHLILLAH
10.
EVA SELFIA
11.
FARHAN HILMIY R
12.
FIKRI AULIA EL-HASAN
13.
FIDELLA RISYANLI
14.
FIRAS TRIYANTO
15.
HIDATI ROBIHAH
16.
IHSAN GHIFARI MALIK
17.
INDAH NURWULAN
18.
LATIF MUDZAKKIR
19.
MAULANI SYAFITRI
20.
RIYAN KURNIAWAN
21.
RUMAISHA MAKKIYAH
22.
SATRIO WICAKSONO
23.
SHULHANUDDIN
24.
SIFA RIPAYANTI
25.
SITI AISYAH
26.
SITI ANISA
27.
SITI MASYFUAH
28.
SITI NURJANNAH
29.
TIARA RISMAYANTI
30.
TRIAS KARTIKA S
31.
WAHYU NUR ADHA
32.
YUDHA AFRIZAL