Sabtu, 30 Juli 2011

Moving Class, Why Not? 2

Moving class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dengan Moving Class, siswa akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya. Sekolah kita, MAN 2 JAKARTA saat ini menerapkan sistem baru, yaitu sistem moving class. Dengan diterapkannya sistem moving class ini banyak terjadi kontroversi baik dikalangan murid maupun guru ada yang setuju maupun yang tidak setuju.

Dengan menggunakan sistem moving class disekolah, kita dapat melatih kedisiplinan kita sebagai siswa, dan lebih bisa mengatur dan menghargai waktu dan melatih kita untuk selalu tepat waktu setiap masuk jam pelajaran.

Selain itu, kita bisa menguasai konsep pelajaran dengan baik karena keadaan kita yang lebih fresh (karena kita bisa menjernihkan pikiran kita saat berjalan menuju kelas selanjutnya). Kita dapat bermotivasi untuk semangat belajar karena sistem belajar yang inovatif, dan kita dapat memaksimalkan fungsi ruangan sesuai dengan mata pelajaran.

Manfaat yang lain adalah kita bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan guru, tentunya kita termotivasi untuk bersaing dalam meraih prestasi yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, rata-rata siswa yang bersekolah disekolah yang menerapkan sistem moving class cenderung siswa yang aktif. Bahkan siswa yang tadinya pasif akan menjadi lebih aktif karena diterapkannya sistem moving class disekolah.
Secara tidak sadar kita berolah raga setiap harinya, selain itu kita bisa lebih dekat dengan kakak kelas, adik kelas dan teman-teman lainnya karena sering bertemu pada saat moving. Dan dengan adanya sistem moving di SMA / MA melatih kita agar kita terbiasa pada saat kuliah nanti dan menjadikan kita pribadi yang mandiri.

Dengan sistem moving class waktu belajar dikelas cenderung akan lebih singkat, dengan pertemuan yang singkat dikelas akan membuat kita rajin bertanya kepada guru untuk menanyakan pelajaran yang kurang dimengerti.
Kami setuju dan senang, karena sekolah kita menerapkan sistem moving class karena banyak hal yang positif dan sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri. Sebaiknya kita mendukung program moving class agar kita terbiasa apabila sudah di perguruan tinggi nanti. Seharusnya para siswa senang dan setuju dengan diterapkannya sistem moving class ini. Semoga, penerapan moving class ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar disekolah.


0 komentar: