Kamis, 29 September 2011

Study and Adventure MAN 2 Jakarta, Why Not?

MAN 2 Jakarta akan melaksanakan agenda rutin tahunan yaitu Study and Adventure ke kawasan Curug Cigamea Cibatok Bogor  pada pertengahan  Juli. Biaya yang harus dikeluarkan seorang siswa adalah  Rp. 296.000. Study and Adventure ke Curug ini belum juga terealisasikan ketika di penghujung Juli, akhirnya baru terealisasikan pada bulan September 2011.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menjadikan para peserta didik mandiri, bertanggung jawab, dapat bekerjasama, jujur dan terlatih” ujar Bapak M Choirul Irfan S.Ag, yang sekaligus sebagai ketua panitia Study and Adventure angkatan II. Jumat, 16 September 2011, bersiap untuk menuju kawasan Cibatok Bogor Jawa Barat yang menempuh perjalanan kira-kira 81 Km dengan waktu 3 jam 30 menit dengan menggunakan Tronton milik TNI. Kegiatan ini diikuti oleh 191 peserta dari kelas XI. Villa Loka Purna yang berada di Kampung Loka Purna Desa Gunung Sari  Kecamatan Pamijahan menjadi tempat peristirahatan kami selama 2 hari karena Villa ini cukup bersih dan terawat.

Kegiatan pertama diawali dengan Out Bound di dekat Curug Ngumpet yang tak jauh dari villa Loka Purna. Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri. Malam hari kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni. Tepat pukul 23.30, Tadabbur Alam dilaksanakan dengan suasan yang khidmat dan gelap gulita. Kegiatan yang dilaksanakan MAN 2 ini berbeda dengan kegiatan sekolah-sekolah lainnya karena diisi dengan kegiatan Tadabbur Alam, dengan tujuan meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat dan anugrah Allah melalui keindahan alam,  mengurangi kesombongan kita, dan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati kita.

Seusai shalat Shubuh berjamaah, diadakan Siraman Rohani. Matahari telah terbit menyinari indahnya bumi, alunan musik senam menghiasi kawasan itu. Kegiatan dilanjutkan dengan Tracking ke tujuan utama yaitu Curug Cigamea., yang lokasinya sedikit lebih jauh dari Villa Loka Purna. Dengan menuruni 210 anak tangga sudah terlihat keindahan alam Curug Cigamea. Curug Cigamea memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter dari tanah. Lelah terasa ketika kembali ke villa karena tanjakan yang begitu curam hingga membentuk sudut hampir 700. Kolam renang Villa menjadi daya tarik dan pelepas lelah para peserta dan panitia. Sabtu 17 September 2011 adalah hari terakhir Study and Adventure MAN 2 Jakarta. Pukul 14.00 pasukan Study and Adventure bersiap untuk pulang dan kembali ke Madrasah tercinta. Sebelum pulang banyak kejadian tak terduga yang tidak kita bayangkan, yaitu “sang penunggu” villa kesal dengan kelakuan peserta yang kurang memperhatikan kebersihan. Banyak yang kesurupan dan membuat perjalanan pulang menjadi terganggu. Keadaan kembali normal setelah satu jam kemudian, dan terjadi kembali ketika para peserta sudah dalam perjalanan menuju Jakarta. Selain peserta, para panitia pun juga ada yang kesurupan. Untuk mengurangi dampak yang meluas para peserta yang sehat walafiat melantunkan kalimat-kalimat ALLAH. Pukul 20.00 rombongan tiba di MAN 2 Jakarta dengan selamat dan sehat wal afiat kemudian para peserta melanjutkan perjalannya untuk pulang kerumah masing-masing. (LatifMudzakkir)

0 komentar: